أهلا وسهلا ومرحبا بقدومكم أيها الإخوة الأعزاء

Selamat Datang di Blog Pembelajaran Bahasa Arab dan Kajian Keislaman ...... Mari Mengaji dan Berdiskusi Bersama ........ Semoga dapat Memberikan Manfaat yang Sebesar-besarnya bagi Para Pembaca dan Blogers

Minggu, 08 Maret 2009

DESKRIPSI MATA KULIAH HADITH TARBAWY (PAI)

DESKRIPSI MATA KULIAH


Judul Mata Kuliah
Hadith Tarbawi

Jumlah SKS
2 SKS

Prasyarat
-

Kompetensi Mata Kuliah
Mahasiswa berkepribadian muslim, menjadi pendidik yang meneladani Rasulullah (ahlussunnah)

Kompetensi Dasar

1. Memahami Hadith –hadith yang berisi tentang keilmuan.
2. Memahami Hadith-hadith tentang pendidikan.
3. Memahami Hadith-hadith tentang metodologi pengajaran Rasulullah
4. Memahami dan memiliki wawasan sebagai pendidik dalam keluarga yang Islami
5. Konsep pendidikan perempuan sesuai dengan ajaran Rasulullah

Cakupan Materi

1. Hadith-hadith yang berisi tentang keilmuan
a. Kewajiban menuntut ilmu
b. Masa menuntut ilmu
c. Tujuan menuntut ilmu
d. Kedudukan ilmuwan

2. Hadith-Hadith tentang pendidikan
a. Hakekat pendidikan
b. Pendidik dan Profesi Keguruan
c. Materi Pendidikan/pengajaran, yang membahas tentang :
a. Keimanan kepada Allah
b. Moral dan perilaku yang baik
c. Pendidikan Fisik dan jasmani
d. Pendidikan Rasio
e. Pendidikan Kejiwaan
f. Pendidikan Sosial :
1.Orang tua
2. Tetangga
3.Umum
g. Etika Sosial

3. Hadith-hadith tentang metodologi pengajaran Rasulullah
a. Keteladanan Rasulullah
b. Kebiasaan Rasulullah
c. Nasehat yang baik

4. Wawasan sebagai pendidik dalam keluarga yang Islami
a. Pendidikan sebelum lahir (ketika masih dalam kandungan)
b. Pendidikan setelah lahir (pada saat proses melahirkan)

5. Konsep pendidikan perempuan sesuai dengan ajaran Rasulullah
a. Kesamaan hak dalam memperoleh pendidikan
b. Kesamaan hak dan kewajiban dalam menyebarkan ilmu pengetahuan

Strategi Perkuliahan
Strategi yang akan digunakan dalam perkuliahan ini adalah diskusi, tugas individu terstruktur dan kelompok serta kajian literatur melalui pendekatan tekhnologi pembelajaran hadith. Mahasiswa diharapkan berpartisipasi secara aktif dalam perkuliahan agar dapat efektif dan maksimal.


Penilaian
Keberhasilan perkuliahan mahasiswa akan dinilai melalui berbagai jenis penilaian :
1. Keaktifan perkuliahan, meliputi : bobot 25 %
- Keaktifan mengikuti perkuliahan (minimal 75 % dari total tatap muka)
- Diskusi kelas (penilaian proses dan berkelanjutan)
2. Tugas terstruktur (individu dalam kelompok) bobot 25 %
- Menulis hadith lengkap dengan syakal
- Menjelaskan makna mufradat
- Menerjemahkan
- Menjelaskan asbab al-wurud (jika ada)
- Memahami isi hadith dan mengkritisinya
- Mengkorelasikan penjelasan hadith dengan ayat-ayat al-Qur'an
- Menjelaskan derajat hadith, sanad dan rowinya
- kesimpulan
3. Ujian Tengah Semester (UTS) bobot 15 %
4. Ujian Akhir Semester (UAS) bobot 25 %
5. Praktikum tekhnologi pembelajaran dalam penelusuran hadith bobot 10 %

Referensi

- Kutub al-Tis’ah
- Fathul Bari
- Syarh Muslim
- Subul al-Salam
- al-Jarh wa al-Ta’dil
- CD tentang Takhrij Hadith
- CD Program Maktabah al-Syamilah


Dosen Pengampu Mata Kuliah :

Nama : T a u f i k, S. Ag., M. Pd. I
Kantor : Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Ampel
Jl. A. Yani 117 Surabaya
Telp. Kantor : 031-8437893
e-mail : pba.sunanampel@yahoo.com

Rumah : Jl. Karang Tembok V A / 18 A Surabaya
Telp. Rumah : 031-71355049
Fleksi/HP : 031-71937349 – 08123102049
e-mail : ibnu_sirajy@yahoo.com
blog : www.taufik-siraj.blogspot.com
e-learning : http//www.sunan-ampel.ac.id/e-learning