أهلا وسهلا ومرحبا بقدومكم أيها الإخوة الأعزاء

Selamat Datang di Blog Pembelajaran Bahasa Arab dan Kajian Keislaman ...... Mari Mengaji dan Berdiskusi Bersama ........ Semoga dapat Memberikan Manfaat yang Sebesar-besarnya bagi Para Pembaca dan Blogers

Rabu, 18 April 2012

Penilaian dalam Pembelajaran Bahasa Arab


Penilaian dalam pelajaran bahasa Arab tetap harus mengacu pada empat standar kompetensi (SK) yang diatur dalam permenag 2008 diantaranya adalah standar kompetensi menyimak, berbicara, membaca dan menulis. Keempat SK tersebut harus diujikan oleh seorang guru bahaa Arab secara komprehensif agar tingkat validitas penilaian dapat mencerminkan kemampuan seorang siswa dalam mempelajarai bahasa Arab.
Mengingat standar kompetensi yang ada pada pelajaran bahasa Arab ada empat maka sudah seyogyanya soal bahasa Arab yang akan diujikan terdiri dari keempat unsur standar tersebut.
1. Soal Menyimak (Istima’)
Menyimak merupakan salah satu standar kompetensi dalam pembelajaran bahasa Arab sehingga tes yang akan disusun oleh seorang guru harus memberikan porsi yang cukup bagi siswa untuk menyelesaikan soal-soal yang jawabannya bersumber dari ungkapan / percakapan yang ia dengar dari kaset/cd.
Tes yang disusun dengan menjawab pertanyaan dari jawaban yang sudah tersedia pada suatu teks tertentu tidak dapat dikategorikan sebagai tes mendengar karena tidak ada unsur menyimak yang dilakukan oleh siswa.
Berikut beberapa contoh penyusunan tes mendengar bagi siswa :
tes disamping untuk mengetahui kemampuan siswa dalam membedakan kata yang memiliki bunyi yang hampir sama

                                                                                                                                                   

Tes disamping untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menyebutkan kata (mufradat)



Tes disamping untuk mengetahui pamahaman siswa mendengarkan percakapan/teks Arab

2. Soal Berbicara (Kalam)
Kesalahan mendasar yang sering terjadi dalam proses penilaian berbicara adalah tidak diberikannya porsi tes lisan dalam ujian bahasa Arab sehingga siswa hanya fokus mengerjakan tes tulis yang disusun sedemikian rupa tanpa harus memperhatikan kemampuan siswa dalam berbicara. Memang terkadang dalam ujian tersebut terdapat soal-soal menjawab yang sumbernya dari sebuah percakapan sebelumnya, tapi tes yang semacam itu tidak dapat mengukur kemampuan berbicara siswa karena tes tersebut lebih cocok disebut tes pada standar kompetensi membaca karena yang diukur adalah pemahaman terhadap teks walaupun teks tersebut adalah percakapan bahasa Arab (hiwar).
Berikut contoh kisi-kisi dalam penyusunan tes lisan dalam percakapan bahasa Arab :

MADRASAH IBTIDAIYAH SUNAN AMPEL SURABAYA

KELAS             : …………………..                      
SEMESTER      : …………………..
MATERI KD   : في المدرسة
النتيجة
بنية الأسئلة
أنواع الأسئلة
الرقم
4
3
2
1







1- صباح الخير ؟
2- كيف حالك ؟
3- أين تسكن الآن؟
4- ماسمك ؟
5- من أين أنت ؟
6- شكرا !
أسئلة التعارف
Soal Perkenalan
1




1- مااسم المدرسة ؟
2- لماذا تذهب الى المدرسة ؟
3- في أي يوم تتعلم اللغة العربية؟
4- كيف تذهب إلى المدرسة؟
5- ماذا تعرف عن القرآن ؟
6- ماذا تعرف عن الإسلام ؟
أسئلة الفهم المقيد
Soal Pemaha-man Konteks
2




1- ما رأيك عن اللغة العربية ؟
2- ما رأيك عن هذه المدرسة ؟
3- ما رأيك عن هذا الفصل ؟
4- ما رأيك عن حياتك الآن ؟
5- ما رأيك عن مدرس اللغة العربية؟
6- ما رأيك عن احوال المسلمين في أندونيسيا ؟
أسئلة الفهم الحر
Soal Pemaha-man Konsep
3




1- ماذا تفعل قبل الذهاب الى المدرسة ؟
2- ماذا تفعل بعد الرجوع من المدرسة ؟
3- ماذا تفعل لفهم اللغة العربية جيدا؟
4- ماذا تعمل بعد التخرج من هذه المدرسة ؟
5- ماذا تفعل لتكون ناجحا في حياتك؟
6- ماذا تفعل لتكون ماهرا في تكلم اللغة العربية ؟
أسئلة التعبير
Soal Mengarang
4
Keterangan Penilaian :
1      :    Bisa menjawab tapi tidak sesuai dengan pertanyaan yang diajukan
2      :    Jawabannya kurang benar, tidak lancar dan struktur tata bahasanya kurang
3      :    Jawabannya benar, cukup lancar tapi struktur tata bahasanya kurang
4      :    Jawabannya benar, lancar dan struktur tata bahasanya baik

DAFTAR NILAI UJIAN LISAN BAHASA ARAB
MADRASAH IBTIDAIYAH SUNAN AMPEL SURABAYA

KELAS             : …………………..                      
SEMESTER      : …………………..
NO
NAMA
JENIS SOAL DAN
SKOR NILAI
TOTAL SKOR
I
II
III
IV
1






2






3






4






5






6






7






8






9






10







Ketentuan Skoring :
1.    Jenis soal test lisan bahasa arab terdiri dari 4 kategori soal terikat (sesuai jenis instrument soal)
2.    Soal I (mudah) setiap mahasiswa memperoleh 2 item pertanyaan, soal II (sedang), soal III & IV (sulit) yang setiap mahasiswa memperoleh 1 item pertanyaan
3.    Jika mahasiswa tidak dapat menjawab maka dilanjutkan ke pertanyaan berikutnya tanpa diberikan bantuan jawaban dan dibenarkan/disalahkan
4.    Nilai minimum setiap jenis soal 1, nilai maksimum 4 dan total nilai skor maksimum 16
5.    Setiap jenis soal dihitung nilai yang diperoleh kemudian dijumlahkan dan dibagi skor maksimum kemudian dikalikan 100, dengan rumus :

                   Nilai Test Lisan = 1+2+3+4 (total skor)  X 100     
                                                   16 (skor max)
Contoh : Adi, memperoleh jenis soal I = 3, II = 3, III =  2 dan IV = 2 total skor = 10, maka nilai test lisan yang diperoleh Adi adalah  10     X 100  =  62,5 (dibulatkan 63)   
                                   16
3. Soal Membaca (Qira’ah)
اِقْرَأ القِرَاءَةُالتّاَلِيَةُجَيِّدًا !
Bacalah qira’ah berikut baik-baik !









اَجِبْ عَنِ اْلاَسْئِلَةِ اْلاَتِيَةِ بِاِجَابَةٍ صَحِيْحَةٍ !
Jawablah pertanyaan berikut dengan jawaban yang benar !
1.مَااسْمُ أَبُ سَالِم ؟
2. هَلْ فَرِيْدَةُ مُوَظَّفَةٌ ؟
3. هَلْ اَمِيْنَةُ رَبَّةُ اْلبَيْتِ ؟
4. مَااسْمُ عَمِّيْ ؟
5. هَلْ خَالِد طَبِيْبٌ ؟
4. Soal Menulis (Kitabah)
 اِمْلاَءِ اْلفَرَاغَ بِكَلِمَةٍ مُنَاسَبَةٍ بَيْنَ اْلقَوْسَيْنِ !
Isilah titik-titik dengan kata yang sesuai yang ada dalam kurung !
1-هَذَا ......... اِسْمُهُ مَنْصُوْرٌ (جَدِّيْ – اُمِّيْ – جَدَّتِيْ )
2-هَذَا ......... اِسْمُهُ زَيْدٌ (جَدَّتِيْ – عَمِّيْ – اُمِّيْ )
3-هَذِهِ ......... اِسْمُهَا سَلِيْمَةٌ ( عَمِّيْ – اَبِيْ – جَدَّتِيْ )
4-تِلْكَ ......... هِيَ بَائِعَةٌ ( اُمِّيْ – عَمَّتِيْ – جَدِّيْ )
5-هَذَا ......... هُوَ يَلْعَبُ مَعِيْ كُلَّ يَوْمٍ ( عُثْمَانُ – عَائِشَةُ – فَاطِمَةُ )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan kirim komentar mengenai artikel yang saya tulis