Penilaian dalam pelajaran bahasa Arab tetap
harus mengacu pada empat standar kompetensi (SK) yang diatur dalam permenag
2008 diantaranya adalah standar kompetensi menyimak, berbicara, membaca dan
menulis. Keempat SK tersebut harus diujikan oleh seorang guru bahaa Arab secara
komprehensif agar tingkat validitas penilaian dapat mencerminkan kemampuan
seorang siswa dalam mempelajarai bahasa Arab.
Mengingat standar kompetensi yang ada pada pelajaran bahasa Arab
ada empat maka sudah seyogyanya soal bahasa Arab yang akan diujikan terdiri
dari keempat unsur standar tersebut.
1. Soal Menyimak
(Istima’)
Menyimak merupakan salah satu standar kompetensi dalam
pembelajaran bahasa Arab sehingga tes yang akan disusun oleh seorang guru harus
memberikan porsi yang cukup bagi siswa untuk menyelesaikan soal-soal yang
jawabannya bersumber dari ungkapan / percakapan yang ia dengar dari kaset/cd.
Berikut beberapa contoh penyusunan tes mendengar bagi siswa :
tes
disamping untuk mengetahui kemampuan siswa dalam membedakan kata yang memiliki bunyi
yang hampir sama
Tes disamping untuk mengetahui
kemampuan siswa dalam menyebutkan kata (mufradat)
Tes disamping untuk
mengetahui pamahaman siswa mendengarkan percakapan/teks Arab
2. Soal Berbicara
(Kalam)
Kesalahan mendasar yang sering terjadi dalam proses penilaian
berbicara adalah tidak diberikannya porsi tes lisan dalam ujian bahasa Arab
sehingga siswa hanya fokus mengerjakan tes tulis yang disusun sedemikian rupa
tanpa harus memperhatikan kemampuan siswa dalam berbicara. Memang terkadang
dalam ujian tersebut terdapat soal-soal menjawab yang sumbernya dari sebuah
percakapan sebelumnya, tapi tes yang semacam itu tidak dapat mengukur kemampuan
berbicara siswa karena tes tersebut lebih cocok disebut tes pada standar
kompetensi membaca karena yang diukur adalah pemahaman terhadap teks walaupun
teks tersebut adalah percakapan bahasa Arab (hiwar).
Berikut contoh kisi-kisi dalam penyusunan tes lisan dalam
percakapan bahasa Arab :
MADRASAH
IBTIDAIYAH SUNAN AMPEL SURABAYA
KELAS : …………………..
SEMESTER : …………………..
MATERI KD : في المدرسة
النتيجة
|
بنية الأسئلة
|
أنواع الأسئلة
|
الرقم
|
||||
4
|
3
|
2
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1- صباح الخير ؟
2- كيف حالك ؟
3- أين تسكن الآن؟
4- ماسمك ؟
5- من أين أنت ؟
6- شكرا
!
|
أسئلة
التعارف
Soal Perkenalan
|
1
|
|
|
|
|
|
1- مااسم المدرسة ؟
2- لماذا تذهب الى المدرسة ؟
3- في أي يوم تتعلم اللغة
العربية؟
4- كيف تذهب إلى المدرسة؟
5- ماذا تعرف عن القرآن ؟
6- ماذا تعرف عن الإسلام ؟
|
أسئلة الفهم المقيد
Soal Pemaha-man Konteks
|
2
|
|
|
|
|
|
1- ما رأيك عن اللغة العربية ؟
2- ما رأيك عن هذه المدرسة ؟
3- ما رأيك عن هذا الفصل ؟
4- ما رأيك عن حياتك الآن ؟
5- ما رأيك عن مدرس اللغة
العربية؟
6- ما رأيك عن احوال المسلمين في
أندونيسيا ؟
|
أسئلة الفهم الحر
Soal Pemaha-man Konsep
|
3
|
|
|
|
|
|
1- ماذا تفعل قبل الذهاب الى المدرسة ؟
2- ماذا تفعل بعد الرجوع من المدرسة
؟
3- ماذا تفعل لفهم اللغة العربية
جيدا؟
4- ماذا تعمل بعد التخرج من هذه المدرسة
؟
5- ماذا تفعل لتكون ناجحا في
حياتك؟
6- ماذا تفعل لتكون ماهرا في تكلم اللغة العربية ؟
|
أسئلة التعبير
Soal Mengarang
|
4
|
|
Keterangan
Penilaian :
1
: Bisa menjawab tapi tidak sesuai dengan pertanyaan yang diajukan
2
: Jawabannya kurang benar, tidak lancar dan struktur tata bahasanya
kurang
3
: Jawabannya benar, cukup lancar tapi struktur tata bahasanya kurang
4
: Jawabannya benar, lancar dan struktur tata bahasanya baik
DAFTAR
NILAI UJIAN LISAN BAHASA ARAB
MADRASAH
IBTIDAIYAH SUNAN AMPEL SURABAYA
KELAS : …………………..
SEMESTER : …………………..
NO
|
NAMA
|
JENIS SOAL DAN
SKOR NILAI
|
TOTAL SKOR
|
|||
I
|
II
|
III
|
IV
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
Ketentuan Skoring :
1.
Jenis soal test lisan bahasa arab
terdiri dari 4 kategori soal terikat (sesuai jenis instrument soal)
2.
Soal I (mudah) setiap mahasiswa
memperoleh 2 item pertanyaan, soal II (sedang), soal III & IV (sulit) yang
setiap mahasiswa memperoleh 1 item pertanyaan
3.
Jika mahasiswa tidak dapat
menjawab maka dilanjutkan ke pertanyaan berikutnya tanpa diberikan bantuan
jawaban dan dibenarkan/disalahkan
4.
Nilai minimum setiap jenis soal
1, nilai maksimum 4 dan total nilai skor maksimum 16
5.
Setiap jenis soal dihitung nilai
yang diperoleh kemudian dijumlahkan dan dibagi skor maksimum kemudian dikalikan
100, dengan rumus :
Nilai
Test Lisan = 1+2+3+4 (total skor) X 100
16 (skor max)
Contoh
: Adi, memperoleh jenis soal I = 3, II = 3, III = 2 dan IV = 2 total skor = 10, maka nilai test
lisan yang diperoleh Adi adalah 10
X 100
= 62,5 (dibulatkan 63)
16
3. Soal Membaca
(Qira’ah)
اِقْرَأ
القِرَاءَةُالتّاَلِيَةُجَيِّدًا !
Bacalah qira’ah berikut baik-baik !
اَجِبْ
عَنِ اْلاَسْئِلَةِ اْلاَتِيَةِ بِاِجَابَةٍ صَحِيْحَةٍ !
Jawablah
pertanyaan berikut dengan jawaban yang benar !
1.مَااسْمُ أَبُ
سَالِم ؟
2.
هَلْ فَرِيْدَةُ مُوَظَّفَةٌ ؟
3.
هَلْ اَمِيْنَةُ رَبَّةُ اْلبَيْتِ ؟
4.
مَااسْمُ عَمِّيْ ؟
5.
هَلْ خَالِد طَبِيْبٌ ؟
4. Soal Menulis (Kitabah)
اِمْلاَءِ اْلفَرَاغَ
بِكَلِمَةٍ مُنَاسَبَةٍ بَيْنَ اْلقَوْسَيْنِ !
Isilah
titik-titik dengan kata yang sesuai yang ada dalam kurung !
1-هَذَا
......... اِسْمُهُ مَنْصُوْرٌ (جَدِّيْ – اُمِّيْ – جَدَّتِيْ )
2-هَذَا ......... اِسْمُهُ زَيْدٌ
(جَدَّتِيْ – عَمِّيْ – اُمِّيْ )
3-هَذِهِ ......... اِسْمُهَا
سَلِيْمَةٌ ( عَمِّيْ – اَبِيْ – جَدَّتِيْ )
4-تِلْكَ ......... هِيَ بَائِعَةٌ (
اُمِّيْ – عَمَّتِيْ – جَدِّيْ )
5-هَذَا
......... هُوَ يَلْعَبُ مَعِيْ كُلَّ يَوْمٍ ( عُثْمَانُ – عَائِشَةُ – فَاطِمَةُ
)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Silahkan kirim komentar mengenai artikel yang saya tulis